Awali Tahun Baru 2010 dengan Sholat Gerhana

Posted: December 29, 2009 in Sekilas Info
Tags: , , , ,

Tanpa terasa kita sudah dipenghujung akhir tahun 2009, hanya tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun 2010. Sudah merupakan sebuah tradisi dalam memperingati pergantian tahun baru dirayakan dengan kemegahan seperti pesta kembang api, live musik, meniup trompet, konvoi dan lain sebagainya dan tanpa kita sadari didalam kemegahan pergantian tahun tersebut terkadang hadir juga sebuah kemaksiatan. Tahun 2010 nanti merupakan sebuah awal tahun yang akan bernilai ibadah bagi umat islam, mengapa? sebab menurut peneliti utama astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebuah fenomena alam yakni Gerhana Bulan akan terjadi pada 1 Januari 2010 dinihari mulai pukul 01.53 hingga 02.53 WIB.

Menurut Ahli Astronomi ITB, Dr Moedji Raharto, gerhana bulan sebagian ini bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan dari hampir seluruh dunia. Peringatan juga diberikan olehnya kepada masyarakat yang merayakan tahun baru dipinggir pantai untuk berhati-hati sebab gerhana terjadi ketika bulan purnama dan biasanya pada saat bulab purnama terjadi ombak besar. Secara umum Gerhana Bulan terjadi akibat posisi Matahari-Bumi-Bulan segaris, saat itu bayangan Bumi yang seharusnya sampai di permukaan Bulan akan terhalang sebagian atau seluruhnya sehingga permukaan Bulan terlihat gelap.

Memulai sesuatu diawal tahun 2010 dengan melakukan perbuatan yang bernilai ibadah sangatlah baik, semoga masyarakat kita yang merayakan pergantian tahun baru kali ini mengakhirinya dengan sholat gerhana. Selamat Tahun Baru 2010 sobat, kami sekeluarga berdoa semoga sobat sekeluarga selalu berada dilindungan Allah SWT dan tahun 2010 menjadi tahun yang lebih baik dari pada tahun 2009 ini.

Wasalam
Amink

Comments
  1. Ipin's Cool says:

    pertamaxx niihh
    salam sobat
    Selamat datang tahun 2010 selamat tinggal 2009

  2. bayu putra says:

    Pertamaxx
    Semangat di Tahun Baru… Semoga hidup Kita jauh lebih baik dari sebelumnya…salam.

  3. selalu ada harapan di tahun yang baru, semoga lebih baik dan dalam lindungan Nya Amien..

  4. Hari Mulya says:

    ..saat itu bayangan Bumi yang seharusnya sampai di permukaan Bulan akan terhalang sebagian atau seluruhnya sehingga permukaan Bulan terlihat gelap..

    seLamat tahun baru juga, Dab…

  5. Wandi thok says:

    Gerhana bulan mas? Kalo benar ya sebaiknya sholat gerhana.

  6. Mariska Ayu says:

    Mariska baru tahu kak, makasih infonya ya kak.

  7. Alwi says:

    Hadir lagi isi absen and semoga di Tahun 2010 lebih oke dari tahun 2009 ………..

  8. mbah gendeng says:

    maaf baru sempat berkunjung cz mo UAS nih doankan y bos

  9. sobatsehat says:

    kalo saya biasanya sholat hajat bang……..

  10. itsfour.com says:

    salam kenal bang………

  11. Abula says:

    Laporan:
    link telah saya pasang,,, mohon dicek ,, takutnya ada yang keliru…
    ngeceknya di sini http://abulamedia.com/link/

    terima kasih ..

    Salam Hangat Selalu

  12. Abula says:

    selamat menempuh alias menjelang tahun baru,,
    semoga tahun mendatang menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya…

    Salam Hangat Selalu

  13. riFFrizz says:

    Gerhana hanyalah sebuah perkiraan, kebenaranyya hanyalah ALLAH yang dapat menentukan

  14. TuSuda says:

    SELAMAT menyambut tahun baru dengan harapan baru dalam suasana dan semangat baru.
    SALAM Persahabatan selalu….
    TERIMAKASIH telah BErkenan BErbagi KAta BErsama

  15. heru says:

    selamat tahun baru..

  16. Ruang Hati says:

    Selamat Tahun Baru 2010 Semoga Sukses selalu tahun depan

  17. Irawan says:

    Aku tidur aja deh, met tahun baru….

  18. Deka says:

    Terima Kasih Infonya Om, baru tahu bakalan ada gerhana bulan.

  19. arif says:

    nanti malam segera cek ke TKP gan, hehehe
    thx infonya

  20. eko magelang says:

    semoga ditahun baru tambah maju..dan tetep bisa ngeblog bos !!!

  21. Abid Famasya says:

    oh.. gini yah.. saya denger2 suruh sholat gerhana,, ternyata ada gerhana beneran.. coba ah..

    salam kenal!

  22. tomi says:

    bener berarti kalo pas tahun baru, tepat gerhana.. tak kira cuma issue.. smoga gak mendung hehe..
    selamnat tahun baru kang…

  23. and1k says:

    INFO YNAG BAGUS MAS UNTUK SAYA

  24. Cak Win says:

    Amin, harapan tiap tahun baru :D

  25. wah mantap nich…
    apakah akan terjadi sesuatu dan gerhana ini sebagai pertanda??? hehe
    who know

  26. jejak annas says:

    wafatnya Gus Dur, adalah moment tepat untuk merenung, betapapun banyaknya uang (apalagi hasil korupsi), betapapun tingginnya jabatan (apalagi hasil nyogok) tidak akan banyak bicara dan membantu saat ajal tiba. Dan pesta pora atau pemubadziran jutaan uang untuk perayaan malam tahun baru, tidak meberi keuntungan apapun kecuali menambah tanya “buat apa uang yang kamu dapatkan”???

  27. dMid says:

    met kenal. info yg hampir mirip di blog saya :)
    slmt tahun baru..

  28. Hmmm, Like this! lah

    baru tw sy klo trnyata bsok mlm ada gerhana,
    makasih infonya mas, smg qta bs mengakhiri thn 2009 ini dgn aktifitas yg bernilai ibadah… amin

  29. selamat tahun baru 2010
    willingness to do more!!

  30. ninaastika says:

    Selamat tahun baru 2010!!

  31. sobatsehat says:

    udah sholat gerhana belum kang ………….

  32. Alwi says:

    kunjungan subuhhhhhhhhhh…….. sekalian kasih backlink

  33. Pai says:

    Haaduuuh, sayah ga liat gerhana nya.

  34. julie says:

    yaaah aku ga tau infonya ada gerhana bulan
    udah kelewatan dunk ya

  35. Awal yang baik, semoga kita menjadi lebih baik di tahun ini..

  36. Nugra says:

    wah kalo saya malem tahun baru malah ngegame

  37. isil says:

    yups bener banget kang..
    kebetulan tahun baruan saya mabit di mesjid salman ITB dan disana mengadakan shalat gerhana..

    Dan itu adalah pengalaman pertama saya shalat gerhana…

  38. bidan desa says:

    maaf lagi bisa berkunjung mas amink….

    semoga tahun 2010 beda dengan tahun 2009…

    jabat erat selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s