Menguras Tangki Honda Tiger 2006

Posted: February 4, 2010 in Cerita Sendiri
Tags: , , , , ,

Weekend minggu kemarin cuaca sangat tidak mendukung, mendung menyelimuti setiabudi sejak pagi hari, sepertinya kami akan menghabiskan waktu dengan berdiam dirumah saja. Bingung karena tidak ada aktifitas berarti akhirnya saya putuskan untuk mengutak-ngatik motor kesayangan yang hampir 4 tahun ini menemani aktifitas saya dan keluarga. Kali ini yang akan menjadi korban iseng-iseng  adalah tangki motor.

Salah satu kelemahan diantara kelemahan yang lain dari honda tiger adalah tangki, bayangkan dalam 4 tahun saya sudah 2 kali mengganti tangki karena apa ?? BOCORR…. Penyebab bocornya tangki tidaklain disebabkan oleh masuknya air kedalam tangki kemudian mengendap dan mengakibatkan karat serta kropos pada tangki, LHO KOK BISA???? Beberapa rekan bikers dari milist HTML menyebutkan adanya uap air ketika kondisi bensin pada tangki mendekati kosong. Hhmmm…Begitu yah…

Ternyata menguras tangki motor tidaklah sulit dan alat yang disediakan cukuplah sederhana, kali ini saya hanya menyediakan :

  1. Selang kecil ukuran 1 meter
  2. Kunci Pas ukuran 10 & 12
  3. Obeng
  4. Tang
  5. Penampung Bensin, bisa derigen atau ember

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah melepaskan tangki dari rangka motor dengan melepaskan baut yang mengait antara Tangki dan rangka motor setelah itu cabut selang bensin yang menghubungkan tangki ke karburator.

Setelah tangki lepas selanjutnya menuang isi bensin yang ada didalam tangki ke suatu wadah, kali ini saya menggunakan derigen bekas.

Setelah dituang, selanjutnya adalah membuka pelampung tangki yang berada dibagian bawah tangki. Usahakan untuk menyisakan sedikit bensin didalam tangki ini berguna untuk menguras isi tangki.

Setelah pelampung bensin lepas, waktu nya mengurasss….. Berhubung bentuk tangki dari Honda Tiger terdapat bagian yang sulit untuk dijangkau, saya memanfaatkan sisa bensin didalam tangki untuk mengangkat sisa kotoran atau kerak yang ada didalam tangki dengan cara mengayunkan kekiri dan kekanan.


Dan hasilnya adalah

Letakkan tangki pada media datar yang dilapisi kain, disitu akan terlihat dengan jelas sisa kotoran dan air yang menyatu dengan bensin. Agar kotoran dan air tersebut keluar, masukkan selang kedalam lubang pelampung.

Lalu waktunya menyeedoootttt…..


Coba lihat hasilnya

Bila perlu lakukan berulang, semoga bermanfaat.

Salam

Amink

Comments
  1. dafiDRiau says:

    MOtor saya Supra Fuel Injection mas…
    kayaknya lebih susah ya……

  2. dian says:

    wah seneng otak atik motor ya mas. jadi inget saya dah lama ngak nyuci motor.

  3. cah ndeso says:

    alhamdulillah… :D masih kebagian keempaaxxssnya :lol:
    Sundul sek aaahhh :mrgreen: dul dul dul

  4. cah ndeso says:

    ndak tega ngliat gambar yang ke-8 :(
    Cobaaa tempat saya deket dengan mas Amink. Pasti dah saya bantuin. hehehhee

    Btw, perjuangan yang mak nyuusss dari mas Amink. yang udah bisa otak-atik motor sendiri. Jadi ndak usah ke bengkel.

    Tapi sayang, klo semua seperti Mas Amink, bengkel ndak laku dong. hahahhahaa

  5. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!

    Sharing pengalaman yang menarik banget, Pak. Sayang belum bisa nyobain karena motyor yang dipunyain cuman bebek bukan harimau.

    Kalau sempat, ditunggu untuk ikutan resik2 di biru hati biru bumi | biru selalu

  6. Abula says:

    wah kalo saya mah gaptek soal gituan, paling bisa bongkar doang,,, pasangnya suka kacau balau,,, akhirnya ga pernah lagi mau bongkar2.. :D

  7. elia|bintang says:

    waduh kl saya mah ga punya motor.. huehe. tapi info yg bagus utk yg punya motor dan siapa tau nanti saya motor :mrgreen:

  8. cah ndeso says:

    selamat pagi menjelang siang mas Amink.
    cukup semanten untuk mengawali aktifitas dan pareeenggg :mrgreen:

  9. Salam super-
    Salam hangat dari pulau Bali-
    menarik sekali artikel anda…

    sukses untuk Anda…

  10. bidan desa says:

    wahhhh asistenya mikut juga ya

  11. dedekusn says:

    Waduh… kalo sy ga berani tuh, pasti langsung dibawa kebengkel

  12. sandi says:

    wah mas aming belajar jadi montir ya…kapan2 saya juga bisa belajar dong sm mas…

  13. Alwi says:

    Biar gak cepat karatan berarti harus full terus yaaa bensinnya … ada yg untuk antikarat dicampur ke bensin efektif gak sich sebenarnya ….

  14. Dangstars says:

    Topik yang mantepz :P

  15. Dangstars says:

    Selamat berakhir pekan dan sokses selalu

  16. Ruang Hati says:

    Menyapa sahabatku (kang Aming) yang belum pernah kujumpa dalam nyata hanya lewat maya, namun hati kita serasa bersama, kicau burung pagi singsing mentari mulai bersinar, mengikis embun beranjak hari, ku hadir membuka layar mengetikan kata buat sahabat tercinta ingin kuucapkan sepatah kata ” kaulah sahabatku” Tuhanku Yang Maha Kuasa, berikanlah pada sahabatku nun jauh disana kebahagiaan dan kedamaian serta taburkanlah cinta pada dirinya beserta keluarganya, semoga harapan dan Doa menjadikan kita lebih bersaudara.
    Salam Kedamaian- Penuh Kebahagiaan- Dengan Cinta
    Ruang Hati.com
    ==========
    Selamat Berakhir Pekan, Have a nice weeekend

  17. yos says:

    unik bght mas,,,
    pengalaman nguras tangki bisa dijadikan postingan blog….
    salut deh…

  18. infoaja.com says:

    nnti klo ada rejeki pingin beli honda tiger juga mas, hehehe

  19. cah ndeso says:

    berkunjung nengok Mas Amink yang lagi nguras tangki Tigernya :lol:

    Sukses terus ya Mas. dan semoga sekarang sudah kelar nguras tangkinya :mrgreen:

  20. sobatsehat says:

    thanks mas amink……….infonya, sepertinya sudh berpengalaman neh

  21. cah ndeso says:

    sepertinya Mas Amink sudah kelelahan nyedot bensin dari tangki :lol:

    Selamat istirahat dah buat Mas Amink dan salam bo2k dari Lereng Muria ;)

  22. Amink says:

    Iya nih,putri ingin tau terus..

  23. Amink says:

    Yg dicampur ke bensin setahu saya hanya sbg penambah oktan utk kinerja mesin aja om,ada juga yg namanya resin,itu dimasukan kedalam tangki dgn kondisi tanpa bensin om

  24. gadis bali says:

    mas amink lama nggak nongol nih kemana aja om ?

  25. and1k says:

    saya kurang paham tentang kayak gini

  26. Dangstars says:

    Selamat dengan aktifitasnya…

  27. Dangstars says:

    Selamat dengan aktifitasnya…
    sukses selalu

  28. dedekusn says:

    Kunjungan siapng, pakabarnya?

    eh.. link blog sy yang dedekusn(dot)com boleh dunk mejeng juga di link sahabat? :D

  29. Alwi says:

    Hadir lagi tuk menyapa sahabat ….. semoga sehat wal afiat

  30. bri says:

    calamlekuummm mas..met pagiii^^ apakabarnya?
    nda tahunya nak motor iah masbro ini, bri juga suka ngoprek motor mas..
    thanks buat tutorialnya..semangat ;)

  31. dedekusn says:

    Kunjungan pagi SOb,
    Kang Bisa ga blog sy yang dedekusn(dot)com mejeng diblog? hehehe

  32. darahbiroe says:

    keren tpi saya gak mudeng otomatiff n ga punya tigi juga :D

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasihh :D

  33. Tips dari Pecinta Kuliner :
    jangan pernah bikin resep yg berbahan dasar bensin :D

    terinspirasi dari gambar ke-8 :D

  34. Ruang Hati says:

    Menyapa sobat di separuh hari, semoga indah hari ini.
    Kebahagian dan harapan kuharap hadir menemani hari-mu
    Selamat berkarya sobat
    Sukses selalu menyertaimu

    kuras tangki jadi lebih menyenangkan nich…………

  35. cah ndeso says:

    kembali berkunjung ke blog-e Mas Amink sekalian berharap bisa nempel stiker pertamaaxxssss dari Cah Ndeso di Lereng Muria

  36. tomi says:

    wah gal punya tiger..
    motor masih jadul kang,, supra 2000 hehehe

  37. dat1200ute says:

    thanks infonya kang.. tigi ane pernah sekali kemasukan air, mgkn akibat cuci steam. nembak noselnya ke arah tutup tangkinya kelamaan..
    klo hasil kondensasi rasanya enggak, soalnya klo ngisi selalu full tank & gak pernah lama kosong. tiap kali jarum penunjuk sdh mendekati E pasti langsung mampir SPBU terdekat. hal ini yg pernah sy baca sbg tindakan preventif thd kotoran kerak tangki dan air krn kondensasi dlm tangki.

  38. abetdaniel says:

    ten kyu mas. Sangat berguna. Blakangan ini tigi-ku brebet mulu kalo digeber di rpm tinggi. Kata teman itu krn suply bensin-nya terganggu, bensinnya kotor. Harus dikuras…

  39. jack says:

    membaca pengalaman mas sama seperti aq mas… aq ada tigi thn 2007 baru 8 bln setaon pake tangkinya bocor…bingung sih masakan motor baru staon harus ganti tangki…..akhirnya ku akalin ku bawa aja ke tukang patri di tempat yg biasa memperbaiki radiator .begitu di cek ternyata bocornya panjangg tp si tukang patrinya udh berpengalaman n hasilnya mantapp ongkosnya cuma 30 ribu aja.gitu aja mas tips dari aq

  40. [...] Menguras Tangki Honda Tiger 2006 February 2010 45 comments 4 [...]

  41. ndhoembhle aeh says:

    loh, itu kan karat yg ada di punggung tangki, kalo karat yg terlanjur mengendap di spanjang tepi kanan kiri tangki, gmn bro… kan ada flek yg hrs di hilangkan, trims….

  42. ipanase says:

    nyedotnya yang bikin nggak kuat,,,,bensin bro

  43. macantua says:

    Reblogged this on macantua and commented:
    Buat yang Kemarin Request tutorial lengkap buat kuras tangki….. Selamat menikmati…… Salam Tangki Botjor….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s