Membayar Pajak Motor Di SAMSAT DEPOK

Posted: March 4, 2012 in Tahukah Anda...
Tags: ,

Tanpa terasa pertengahan maret 2012 ini saya harus menyelesaikan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor, ini adalah ke 3 kalinya saya mengurus sendiri tanpa melalui calo.

Jika anda memiliki waktu yang cukup, alangkah baiknya jika anda mengurus sendiri masa berlaku STNK anda atau membayar pajak kendaraan anda tanpa melalui calo. Jika anda berdomisili didepok,tapos dan sekitarnya, berikut tata cara membayar pajak STNK di SAMSAT Depok.

Sebelum anda berangkat menuju SAMSAT Depok, pastikan anda membawa KTP pemilik kendaraan, STNK asli dan BPKB kendaraan anda. Setelah memasuki areal parkiran SAMSAT Depok, tempat pertama yang harus anda kunjungi adalah tempat foto copy yang berada di sebelah kiri atas, siapkan saja uang 5,000 rupiah, ktp asli, stnk asli dan bpkb. Serahkan ke petugas foto copy biarkan mereka yang mengatur settingan dokument yang diperlukan. Selesai foto copy anda akan menerima map berwarna hijau lumut.

Langkah selanjutnya setelah memfoto copy ktp, stnk dan bpkb, segera datangi gedung utama samsat depok. Hampiri petugas penjaga didepan pintu masuk kemudian pintalah selembaran isian yang wajib anda isi, setelah selesai mengisi formulir lalu serahkan kembali ke petugas di depan pintu masuk untuk di cek dan di berikan nomer antrian.

Setelah menerima nomer antrian langkah selanjutnya adalah menuju loket bernomer 4, pastikan KTP asli dan STNK ASLI ada didalam map sebab jika tidak perpanjangan STNK anda tidak akan diproses. Lalu tunggu hingga nama anda di panggil. Pada papan informasi yang ditempel dikaca jumlah waktu yang diperlukan untuk memperpanjang STNK adalah 80 menit atau 1 jam 2o menit.

Tepat jam 10.30 nama saya di panggil di loket kasir. Terhitung 1 jam 3o menit waktu yang dibutuhkan setelah penyerahan dokumen di loket 4 hingga ke loket pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, perlu waktu 30 menit lagi hingga penyerahan STNK.

Sebagai informasi, total biaya yang saya keluarkan untuk jenis kendaraan honda tiger tahun 2006 adalah :
1. Foto copy Rp. 5,000
2. Biaya PKB Rp. 290,500
3. Biaya SWDKLLJ Rp. 35,000
4. Aqua Rp. 3,000 :lol:

Nah, bagaimana? Masih mau pakai calo? Mending urus sendiri aja.

Comments
  1. andank says:

    kalo saya kemaren nembak mas, sama keluarga di samsat :D . 250 jadi :)

  2. Abie says:

    Thanks infonya…

  3. Saya baru saja perpanjang STNK, Cek Fisik, dan Pajak. Totalnya 515.000 …. Untuk jenis motor Honda Supra X tahun 2002. Saya urus di samsat depok. Beanr ngk seh harus habis segitu?

  4. faesoerya says:

    klo caranya nembak gimana gan? kan saya ga punya ktp pemilik spd motornya.
    mohon infonya?
    thankz.

  5. fajar says:

    klo nembak gmana cranya gan?
    kan saya ga punya ktp pemilik spd motornya.

  6. riadi says:

    Sukses wat samsat kota depok, pelayanannya makin bagus, namun akan tetapi di waktu istirahat kenapa banyak petugas yang keluar makan? Bukannya pelayanan masyarakat itu bersistem rolling atau gantian….. Tapi ketika custamer yang berada di dalam di tinngal pergi oleh petugasnya contoh di samsat detos… Mohon postingnya ya pak?

  7. taporna says:

    Mungkin Samsat Depok perlu contoh samsat lain yang sudah drive thru, jauh lebih cepat hanya 10 menit aja,

  8. yosi says:

    thanks infonya mas, kalo pajaknya telat 2 tahun prosesnya sama aja kan mas

  9. azam says:

    kalo saya ga bisa bayar pajak gara-gara ga ada KTP asli. pertengahan 2012 sy beli supra x tahun 2003. pajak habis november. sy sudah 3 kali mencoba mau bayar ditolak karena ga ada KTP Pemilik. harus Balik nama katanya! sayangnya sy dari luar kota dan ga punya kenalan di depok. al hasil motor saya belum di bayar pajaknya. yg lain pajak ga ada yg nunggak! aku tuh Wajib Pajak yang taat pajak! sayang kali ini membuatku melanggar pajak gara-gara itu! :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s