Membaca Sebuah Tabulature Gitar

Cover at FrontApa sih Tabulatur gitar dan gimana sih cara membacanya? Mungkin dari sekian banyak buku musik dan situs web yang menyediakan lirik-lirik lagu beserta chordnya, hanya beberapa yang melampirkan Tabulature Gitar. Biasanya buku musik tersebut hanya menampilkan chord2 yang simple untuk memudahkan para pembacanya. Sama Seperti yang terdapat pada situs lirik lagu online http://WWW.LIRIKLAGUMUSIK.COM ataupun pada situs http://www.tembang.com Sekarang Mari kita sedikit menengok tentang Tabulatur gitar.

Tabulatur Gitar adalah sebuah tabel fingerboard yang dimana garis horizontal mencerminkan senar gitar dan angka yang terdapat didalamnya mencerminkan fret yang ditekan. Jadi secara umum cara memainkannya adalah cukup memperhatikan angka yang tertera pada tabel tersebut karena disanalah letak nada yang akan dipetik atau dimainkan.

Tab Explanation

Untuk dapat memahami sebuah Tablatur Gitar ada beberapa simbol notasi yang mencerminkan sebuah tehnik dalam permainan gitar. Dari beberapa symbol yang mencerminkan sebuah tehnik gitar terlampir beberapa diantaranya :

1. Bending
Ada 2 jenis bending yang sedikitnya perlu diketahui yaitu Semi tone Bend dan Full tone Bend.

bending

Cara memainkan tab ini adalah pada senar ke-3 fret ke-9 dibending (dinaikan) ½ nada untuk yang Semi tone Bend dan dibending hingga 2 fret nada untuk yang Full Tone Bending

2. Slide
Didalam Slide juga terdapat 2 jenis yaitu Slide Up dan Slide Down

Slide

Cara memainkan tab ini adalah pada senar ke-3 fret ke-7 dibunyikan bersamaan dengan menggeser jari hingga ke fret-9. Tidak jauh berbeda untuk tehnik Slide down, cukup memulainya dari Fret ke-9 kemudian menggesernya ke fret ke-7

3. Pull Off
Digambarkan seperti tab dibawah ini. Untuk mengindikasikan sebuah pull off pada tab, biasanya terdapat huruf ”P”

Pull Off

Posisikan jari telunjuk Pada senar ke-3 fret ke-9 dan jari manis pada fret ke-11, setelah memetik senar lalu dengan cepat hentakkan jari manis keatas tanpa harus melepaskan jari telunjuk. Pada pull off untuk menghasilkan suara yang jelas, bisa dilakukan dengan memetik senar ataupun tanpa memetik senar. Otomatis kekuatan jari harus lebih maksimal.

4. Hammer
Tehnik ini pada prinsipnya sama dengan tehnik Pull Off, yang membedakannya adalah kalau pull off nada yang lebih tinggi dulu dipetik sedangkan pada hammer nada yang rendah dahulu kita petik. Perhatikan tab dibawah ini.

Hammer

Posisikan jari telunjuk Pada senar ke-3 fret ke-9 dan jari manis pada fret ke-11, setelah memetik senar ke-3 oleh jari telunjuk, tekanlah senar pada fret ke-11 hingga menimbulkan suara.

5. Bend and Release
Tehnik ini adalah perpaduan antara bending dan release bending yaitu dimana senar dibending kemudian dikembalikan ke nada awal.

Bending & ReleasePosisikan jari manis pada senar ke-3 fret ke 9, kemudian dorong keatas hingga nada gitar terdengar ½ fret sambil memetik senar tersebut, kemudian kembalikan senar keposisi awal

6. Swipp Picking
Tehnik ini merupakan tehnik ”menyapu” senar secara berirama dimulai dari senar yang tinggi ke senar yang rendah atau sebaliknya. Agar terdengar lebih indah kecepatan tangan sangat diperlukan dalam tehnik ini.

Swipping

Well….Selamat bermain musik

Kalau sudah Jago kabari saya yah, soalnya saya mau belajar juga dari Anda.

Salam

Amink

One thought on “Membaca Sebuah Tabulature Gitar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s