Tips Mudik…

Gambar diambil dari Kompas.comTradisi Mudik atau Pulang kampung yang biasanya dilakukan oleh perantau atau pekerja migran ini merupakan salah satu tradisi bagi masyarakat indonesia khususnya menghadapi hari raya keagamaan dalam hal ini lebaran. Bagi para pemudik yang jarang sekali atau bahkan tidak pernah kembali ke kampung halaman, moment ini merupakan kesempatan yang paling berharga untuk berkumpul kembali bersama sanak saudara.

Bagi mereka yang berkecukupan, mudik dengan menggunakan kendaraan sendiri pasti jauh lebih nyaman, namun bagaimana dengan anda yang mengharuskan mudik dengan menggunakan kendaraan umum?, pasti jauh lebih repot dan lebih beresiko, yah resiko berhimpitan, copet dan banyak lagi kejahatan yang kerap mengintai para pemudik.

Beberap tips dibawah ini mungkin sedikit membantu bagi anda yang hendak melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan umum :

1.  Berdoa.

Merasakan kehadiran –Nya dalam setiap langkah Anda akan membuat perjalanan Anda terasa aman dan nyaman. Biasakan lah berdoa sebelum Anda bepergian, selain membuat hati lebih tenang, Anda juga terhindar dari kejahatan yang melibatkan ilmu-ilmu tertentu diluar jangkauan Anda, dan tak pernah Anda sadari.

2. Yakin dan Percaya Diri.

Di tempat umum rasa pede mutlak dibutuhkan untuk menghindari bahaya kejahatan yang kerap kali muncul disaat peluang tersebut terbuka. Jika memang dibutuhkan bertanyalah kepada pihak keamanan atau orang-orang yang Anda yakini bisa membantu Anda. Hindari bertanya pada sembarang orang.

3.  Perhiasan.

Bukan rahasia umum lagi, jika perhiasan jadi magnet menarik tindak kriminal. So, jika ingin selamat, jangan gunakan perhiasan sama sekali selama mudik dengan kendaraan umum, meskipun itu hanya sebuah perhiasan imitasi.

4.  Pakaian.

Karena anda bepergian dengan kendaraan umum, usahakan mengenakan pakaian yang tak mencolok atau seksi. Pakailah  sepatu sport yang nyaman dan ringan dikaki,  hindari menggunakan sepatu berhak tinggi.

5. Obat-obatan.

Perjalanan jauh butuh kondisi tubuh yang fit dan bugar, karena itu jangan sepelekan kondisi badan. Bawalah obat pribadi,  minyak gosok atau suplemen seperlunya dalam perjalanan.

6.  Barang Bawaan.

Minimalkan barang bawaan anda; bawalah barang seberat dan sebanyak yang anda bisa kontrol. Jika membawa tas, lebih bagus lagi jika dilengkapi pengunci bernomor kode otomatis.

7.  Uang Pas.

Bawa uang pecahan seperlunya. Untuk berjaga-jaga dari tindak kejahatan, simpan uang anda dibeberapa tempat yang aman dan jauh dari jangkauan copet. Selainitu, seandainya anda memang terlanjur kena palak/gendam, anda masih bisa menyelamatkan sebagian uang anda.

8.  Dompet.

Lebih aman jika Anda menyimpan sejumlah uang pas disakucelana Anda dan menyimpan dompet dibagian terdalam tas bawaan Anda. Dan jangan lupa bawa selalu uang receh disaku yang lain, untuk membayar peron atau lainnya.

9.  Stay Cool.

Jangan terlalu banyak melakukan gerakan berlebihan,  karena tindakan ini justru mengundang orang lain untuk melihat Anda. Cobalah, tetap tenang dan waspada meski Anda berada dalam situasi yang tidak nyaman.

10.  Waspada.

Usahakan tetap bersikap wajar dan sopan meski teman seperjalanan Anda menawarkan kebaikan. Jangan terlalu akrab dan jangan terlalu berlebihan mencurigai teman perjalanan Anda. Bersikaphati-hati dan ada baiknya Anda menolak dengan halus jika ada yang menawari makanan ataupun minuman. Jangan pula terlena dengan tampang rupawan dan baik hati yang mencoba bercakap-cakap dengan Anda,  siapa tahu itu hanya sebuah ‘perangkap’ yang akan memperdaya Anda. Bersikap dan berbicaralah seperlunya dengan tema umum dan hindari pembicaraan yang sifatnya pribadi.

11.  Tegas.

Jadi rebutan calo, tukang ojek, becak dan sopir taksi selalu dialami para pemudik,

nah untuk menghindari serbuan tersebut adalah menolaknya dengan tegas namun sopan. Jika masih ‘membandel’ dan bahkan bersikap kurang ajar, jangan sekalipun meladeni mereka, lebih bijak jika Anda diam dan mengabaikan mereka, meski Anda merasatak nyaman dengan perkataan yang mereka ucapkan. Segeralah menuju ke area yang Anda anggap aman dari jangkauan mereka setidaknya sampai jemputan datang atau memungkinkan Anda berpikir lebih tenang untuk menentukan tujuanAnda selanjutnya.

Nah mudikers….selamat mudik dan hati2 diperjalan , sebab keluarga dan saudara anda sedang menanti kehadiran anda dikampung halaman.

One thought on “Tips Mudik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s