Banyak Masjid Kurang Tepat Arah Kiblatnya

Ka'bah

Sejumlah masjid di wilayah DKI Jakarta kurang tepat arah Kiblatnya. Untuk itu pihak Kanwil Depag DKI Jakarta saat ini tengah melakukan upaya perbaikan atau penyempurnaan arah Kiblat terhadap Masjid-masjid di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Kanwil sebagai pembina masjid-masjid di Jakarta ini, terus melakukan penyempurnaan atau perbaikan arah Kiblat bagi masjid-masjid di Jakarta yang kurang tepat arah Kiblatnya,” tandas Achmad Fauzan Harun, Kepala Kanwil Depag DKI Jakarta, usai bersama sejumlah pejabat setempat melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid di Kanwil Depag DKI akhir pekan lalu. Dikatakan Fauzan, di wilayah DKI Jakarta, secara keseluruhan terdapat sekitar 3000 masjid. “Sampai saat ini kami sudah merampungkan 75 persen masjid dari jumlah tersebut penyempurnaan arah Kiblatnya. Ini sudah berjalan selama dua tahun ini,” tandas Fauzan. Dalam upaya penyempurnaan arah Kiblat ini menurut Fauzan, pihaknya bekerjasama dengan Badan Hisab dan Rukyah serta sejumlah pihak lainnya.

Menurut Fauzan, upaya penyempurnaan arah Kiblat ini mendapat sambutan positif yang luar biasa dari masyarakat, khususnya masyarakat di lingkungan masjid terkait. “Alhamdulillah, sambutan masyarakat sangat luar biasa dan antusias. Memang setelah dilakukan penyempurnaan arah Kiblat, rata-rata masjid tersebut sulit untuk dilakukan pemugaran atau perbaikan bangunan fisik masjid. Namun mereka rata-rata langsung mengubah arah Kiblat masjid setelah dilakukan pengukuran ulang tersebut,” tutur Fauzan.

Fauzan mengungkapkan, masjid yang akan dibangun di lingkungan Kanwil Depag DKI Jakarta, diharapkan dapat dijadikan sebagai masjid model atau masjid percontohan, khususnya bagi masjid-masjid yang akan dibangun di wilayah DKI Jakarta. “Jadi kami harapkan masjid yang akan berdiri ini akan menjadi percontohan baik dari segi arsitektur, tata ruang, manajemen pengelolaan masjid serta sejumlah fasilitas penunjang lainnya,” papar Fauzan.

Menurut Kasubbag Humas Kanwil Depag DKI Jakarta, Marsimin, masjid yang rencananya dua lantai tersebut dibangun di atas tanah seluas 3000 meter yang terletak persis di samping gedung utama Kanwil Depag DKI Jakarta.

Sumber : disini

41 thoughts on “Banyak Masjid Kurang Tepat Arah Kiblatnya

  1. zee says:

    Dulu musholla di kantor kami juga begitu. Salah kiblat. Eh begitu habis lebaran tahu2 da berubah. Ternyata selama ini salah… yah syukurlah akhirnya sudah benar.

  2. mbah gendeng says:

    mo ke arah kiblat, ke timur selatan utara ato kemana aj salatnya sah asalkan salatnya bener2 shalat

    g usah ngurus kiblat jamannya nabi juga dulu kiblat pernah diganti kan so arah tu g begitu penting yang penting hati kita……………

  3. guskar says:

    sekarang ada kok dijual kompas kiblat khusus untuk wilayah indonesia.. untuk sekedar ngecek arah kiblat sih oke, sambil nunggu arah kiblat masjid kita diverifikasi oleh depag

  4. Alwi says:

    Ok kalau saya sependapat, Masjid2 yg arah qiblatnya belum tepat perlu diluruskan karena menghadap qiblat itu salah satu syarat sahnya sholat kecuali dalam kedaan tertentu walau tidak menghadap qiblat tetap sah, seperti orang yang sedang dalam pesawat terbang/kendaraan atau orang sedang sakit dll sementara dia tidak memungkinkan untuk berhenti kecuali kendaraan pribadi yg punya keleluasaan untuk berhenti sedangkan ketika, umpama sedang terjebak di kemacetan sedang waktu sholat sudah hampir habis maka boleh sholat di atas kendaraannya walau tidak tidak menghadap qiblat karena tidak memungkinkan untuk menghadap qiblat. Wallahu’alam bishshowab.

  5. Deka says:

    Kenapa gak dari dulu ya, sebelum membangun masjid harusnya Depag bisa mengecek terlebih dahulu. Apa gunanya Depag kalo udah menjadi bubur baru mau berbenah.
    Just My Opinion.

  6. Amink says:

    Dulu waktu saya dan istri menempati rumah kontrakan yg baru,hal yg pertama kali saya lihat adalah arah pintu masuk,pintu masuk yg berhdpan dg arah matahari terbenam tdk direkomendasikan olh org tua.
    Yang kedua saya mencari arah matahari terbenam utk mencari kemana arah kiblat,perlu sedikit penyesuaian didlm meletakkan sejadah,saya pribadi meletakkan sejadah agak miring sedikit dr posisi arah matahari terbenam,itu ajaran guru ngaji saya dulu… Mungkin ada pendpt lain…Monggo..

  7. KangBoed says:

    Manstaaaaaaaaaaaaaaaabbbbbbbbbbbsssss
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  8. KangBoed says:

    HATI mu adalah Baitullaaaaah.. di dalam diri sebenarnya ada satu tempat paling suci dan bersih yang terlupakan dan tiada pernah terjamah apalagi di pakai oleh diri sebenar diri untuk menegakkan shalat..
    salam sayang

  9. joedha says:

    Di Arab sendiri ada masjid yang memiliki 2 kiblat (kiblatain)…ya kita tidak perlu mempermasalahkan ke mana arah kiblat…percuma jg kalo kita ngurus arah kiblat, tapi kita tidak menjalankan salat

  10. azzaam says:

    wah, baru tahu aku…
    namun sepertinya tidak perlu dipermasalahkan, asalkan hati tertuju kepada allh🙂
    namun kalau tahu salah satu menjidnya, lebih baik dinasehatin kali yah…

  11. heru says:

    hem, kayaknya kejadian ini dimana2 terjadi dimana, contohnya dikampusku 3 tahun aku sembahyang di mushollah, pas udah tamat aq jalan – jalan ke bekas kampus, terkaget2 melihat arah kiblat yang bergeser. langsung kontan kaget sebab 3 tahun kami gunain kiblat yang salah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s