Ka'bah

Sejumlah masjid di wilayah DKI Jakarta kurang tepat arah Kiblatnya. Untuk itu pihak Kanwil Depag DKI Jakarta saat ini tengah melakukan upaya perbaikan atau penyempurnaan arah Kiblat terhadap Masjid-masjid di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Kanwil sebagai pembina masjid-masjid di Jakarta ini, terus melakukan penyempurnaan atau perbaikan arah Kiblat bagi masjid-masjid di Jakarta yang kurang tepat arah Kiblatnya,” tandas Achmad Fauzan Harun, Kepala Kanwil Depag DKI Jakarta, usai bersama sejumlah pejabat setempat melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid di Kanwil Depag DKI akhir pekan lalu. Dikatakan Fauzan, di wilayah DKI Jakarta, secara keseluruhan terdapat sekitar 3000 masjid. “Sampai saat ini kami sudah merampungkan 75 persen masjid dari jumlah tersebut penyempurnaan arah Kiblatnya. Ini sudah berjalan selama dua tahun ini,” tandas Fauzan. Dalam upaya penyempurnaan arah Kiblat ini menurut Fauzan, pihaknya bekerjasama dengan Badan Hisab dan Rukyah serta sejumlah pihak lainnya.

Menurut Fauzan, upaya penyempurnaan arah Kiblat ini mendapat sambutan positif yang luar biasa dari masyarakat, khususnya masyarakat di lingkungan masjid terkait. “Alhamdulillah, sambutan masyarakat sangat luar biasa dan antusias. Memang setelah dilakukan penyempurnaan arah Kiblat, rata-rata masjid tersebut sulit untuk dilakukan pemugaran atau perbaikan bangunan fisik masjid. Namun mereka rata-rata langsung mengubah arah Kiblat masjid setelah dilakukan pengukuran ulang tersebut,” tutur Fauzan.

Fauzan mengungkapkan, masjid yang akan dibangun di lingkungan Kanwil Depag DKI Jakarta, diharapkan dapat dijadikan sebagai masjid model atau masjid percontohan, khususnya bagi masjid-masjid yang akan dibangun di wilayah DKI Jakarta. “Jadi kami harapkan masjid yang akan berdiri ini akan menjadi percontohan baik dari segi arsitektur, tata ruang, manajemen pengelolaan masjid serta sejumlah fasilitas penunjang lainnya,” papar Fauzan.

Menurut Kasubbag Humas Kanwil Depag DKI Jakarta, Marsimin, masjid yang rencananya dua lantai tersebut dibangun di atas tanah seluas 3000 meter yang terletak persis di samping gedung utama Kanwil Depag DKI Jakarta.

Sumber : disini