Penunjuk Arah Kiblat

Qibla LocatorMenyambung postingan terdahulu tentang Banyak Masjid Kurang Tepat Arah Kiblatnya,  mungkin situs ini dapat membatu kita untuk memudahkan kita mementukan arah Kiblat yang benar. Adalah   Qibla Locator atau penunjuk arah kiblat antara lain dirancang oleh Ibn Mas’ud dengan menggunakan peranti lunak aplikasi Google Maps API v2, sejak tahun 2006. Pengembangan tampilan dan aplikasinya kemudian melibatkan Hamed Zarrabi Zadeh dari Universitas Waterloo di Ontario, Kanada.

Pada Qibla Locator versi Beta seri 0.8.7 itu dilengkapi dengan geocoding dari Yahoo, pengontrol arah pada citra peta, dan indikator tingkat pembesaran. Hingga saat ini dihasilkan empat versi Beta dengan beberapa aplikasi tambahan, Geocoder, dan tampilan jarak.

Dengan Qibla Locator yang berbasis Google Earth ini dapat diketahui arah kiblat dari mana pun kita berada. Untuk mengetahuinya, di bagian atas situs itu ada kotak untuk memasukkan lokasi, alamat atau nama jalan, kode pos, dan negara atau garis lintang dan garis bujur.

Maka di sisi kanan gambar peta akan muncul besaran arah kiblat atau kabah dan jaraknya dari posisi lokasi yang kita masukkan. Peranti lunak ini, menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) sangat membantu guna mengecek arah kiblat secara akurat. ”Ini bisa untuk koreksi massal masjid-masjid di Indonesia,” katanya.

Semoga Bermanfat

Sumber

3 thoughts on “Penunjuk Arah Kiblat

  1. cah ndeso says:

    tapi menurut saiya, arah kiblat adalah hati kita. dimanapun kita berada, jika kita yakin dan mengakui keberadaan Alloh SWT, maka disitulah kita menghadap untuk mendirikan sholat.

    Perumpamaan, kita di tengah lautan tanpa kompas dan cuaca tidak bersahabat. artinya, tidak ada bintang yang muncul dan kita ingin mendirikan sholat. Apakah kita bisa tahu dimana letak kiblat ?

    Wedewww…kok malah kaya kiai nih. Btw, ingpo yang menarik Om. Makacih atas pencerahannya. mPISSS

    • html1155 says:

      apapun yang keluar dari pantat ayam kalau itu memang telur…AMBIL!!! itu pepatah bijak….

      Memang harus dari hati kita menempatkan kiblat kita, percuma juga ungkad-ungkid kita sujud atau sholat tapi hati dan pikiran kita tidak tertuju kepada Allah SWT.

      Piss juga pak Kyai🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s