Sulitkah Mendidik Anak???

Yup….itulah yang masih menjadi dilema buat saya pribadi. Memiliki anak dalam sebuah pernikahan adalah sebuah anugerah yang diberikan Allah kepada umat manusia. Seperti pepatah berbicara : “Mendapatkan sebuah kepercayaan sangatlah sulit, tetapi akan jauh lebih sulit memelihara sebuah kepercayaan”…

Jika kita melihat pergaulan anak muda saat ini, saya hanya bisa mengelus-elus dada, bagaimana dengan nanti ketika anak gadis saya menanjak dewasa?????

Mendidik anak ibarat memegang sebatang sabun, terlalu mengekang tidak bagus juga untuk perkembangannya apalagi dibiarkan saja seperti air mengalir. Coba bayangkan, dirumah anak kita bersikap sopan, alim dan tidak pernah membangkang tapi apakah diluar rumah dia akan seperti itu???

Cukup miris bagi saya membaca sebuah berita dikalimantan Timur dimana tujuh pelajar sebuah SMA swasta di Tarakan, setelah mengikuti ujian semester, mereka mengadakan pesta miras (minuman keras). Aktivitas tersebut dipergoki satpol PP yang langsung menangkap mereka. Pesta miras itu dilakukan di sebuah rumah kos di Jalan Imam Bonjol, Markoni, Tarakan. Ironisnya, aktivitas negatif itu dilakukan saat mereka masih berseragam sekolah. Yang lebih memprihatinkan, lima di antara tujuh pelajar itu adalah perempuan. Sampai beberapa jam setelah diciduk, dua pelajar di antaranya masih mabuk berat. Dua lainnya terus muntah-muntah.

Melihat kejadian tersebut, saya selalu berpesan kepada anak gadis saya seperti ini :

“Ayah hanya ingin kamu menjadi anak yang baik”

Menjadi anak yang baik bukan berarti kamu bodoh, menjadi anak yang baik bukan berarti kamu tidak berahlak….

Bagi ayah percuma saja kamu pintar tapi diluar sana kelakuanmu seperti anak yang tidak berpendidikan…

Bagi ayah percuma saja kamu menjadi anak yang sholeh tapi diam2 maksiat kamu lakukan…

Sobat, sulitkah mendidik anak???

Jika punya masukan mohon kiranya memberikan comment, saya tidak melihat siapa yang akan memberikan saran, asalkan itu bermanfaat pasti akan saya pergunakan.

Salam hangat.

13 thoughts on “Sulitkah Mendidik Anak???

  1. ridu says:

    saya belum berkeluarga tapi semua orang pasti pengen punya anak yang baik2 donk yaa.. yg penting sih kita kasih tau pemahaman agama dulu kepada si anak sedari kecil, dan juga dengan cara mencontohkan hal yg baik melalui perilaku kita sehari2 hehe

  2. informasi kebidanan says:

    pertama -tama sangat sulit …. itu yang saya alami mas…. tapi begitu anak menginjak usia 4tahun, saya bersama suami baru mulai bisa mencoba mengarahkan…itupun tidak bisa maksimal, ini secara akal pikiran anak2 kecil di bawah usia 6 tahun rasa ingin tahunya besar, yang salah dianggap benar, yang benar dianggap salah, kita sebagai orang tua harus melatih kesabaran kita untuk memberikan pengarahan untuk anak2 kita…

    salam untuk si kecil …

  3. Alwi says:

    Mendidik anak memang tidak semudah membalik telapak tangan …… tapi insya Allah tidak sesulit yg dibayangkan …. yg penting komitment akan tanggung jawab ortu kpd anak disertai kesabaran tinggi , saya malah punya anak 4 yang 2 kembar Anak pertama laki2 kedua laki2 yg terkahir kembar lk2 dan perempuan, kesabaran dan ketelatenan serta kasih sayang harus terus tertanam dalam semangatnya jiwa kita, tanpa itu duuuuuuuuhhhhhhhh maunya marah dan emosi apalagi 3 anak saya laki2 hanya 1 perempuan …….. kalau menghadapi anak laki2 cenderung menguras kesabaran , kalau gak sabar2 hiiiihhhhh maunya njewer mulu heeeee….

  4. Nanang says:

    Saya baru punya anak satu dan masih kecil jadi belum berpengalaman dalam mendidik anak. Emang semakin hari semakin penuh tantangan dalam hal mendidik anak. Smoga aja ya kang anaknya bisa menjadi anak shalehah. slm kenal

  5. bundadontworry says:

    InsyaAllah mendidik anak tdk sesusah yg dibayangkan, memang kadang ada kekhawatiran dampak dr pergaulan diluar rumah, namun dgn menanamkan bahwa kita sebagai ortu tdk bisa melototi terus 24 jam, namun ada Allah swt yg Maha Melihat, kami selalu bilang sama anak2, apapun yg kalian lakukan pertanggung jawabannya kelak tidak pd kami, orang tua, namun pada Allah.
    Garis besarnya, biasakanlah berkomunikasi dua arah dgn anak2,jadilah ortu,guru juga teman bagi mereka.
    salam.

  6. cah ndeso says:

    hampir bisa dipastikan, mendidik anak dalam tahap awal ibarat menulisi kertas yang masih putih dan suci.

    Akan tetapi yang patut diwaspadai dalam mendidik anak adalah lingkungan sekitar. Karena lingkungan sangat berpengaruh pada pola pikir dan tingkah laku anak.

    Sepintar apa mendidik anak, sesering apa menasehati anak, jika lingkungan tidak mendukung, maka akan sia2 belaka.

    Semoga membantu Mas😀 dan mPIISSS dah

    heheheh sama2 punya cewek kecil kayak saya nih Mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s