Awali Tahun Baru 2010 dengan Sholat Gerhana

Tanpa terasa kita sudah dipenghujung akhir tahun 2009, hanya tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun 2010. Sudah merupakan sebuah tradisi dalam memperingati pergantian tahun baru dirayakan dengan kemegahan seperti pesta kembang api, live musik, meniup trompet, konvoi dan lain sebagainya dan tanpa kita sadari didalam kemegahan pergantian tahun tersebut terkadang hadir juga sebuah kemaksiatan. Tahun 2010 nanti merupakan sebuah awal tahun yang akan bernilai ibadah bagi umat islam, mengapa? sebab menurut peneliti utama astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebuah fenomena alam yakni Gerhana Bulan akan terjadi pada 1 Januari 2010 dinihari mulai pukul 01.53 hingga 02.53 WIB.

Menurut Ahli Astronomi ITB, Dr Moedji Raharto, gerhana bulan sebagian ini bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan dari hampir seluruh dunia. Peringatan juga diberikan olehnya kepada masyarakat yang merayakan tahun baru dipinggir pantai untuk berhati-hati sebab gerhana terjadi ketika bulan purnama dan biasanya pada saat bulab purnama terjadi ombak besar. Secara umum Gerhana Bulan terjadi akibat posisi Matahari-Bumi-Bulan segaris, saat itu bayangan Bumi yang seharusnya sampai di permukaan Bulan akan terhalang sebagian atau seluruhnya sehingga permukaan Bulan terlihat gelap.

Memulai sesuatu diawal tahun 2010 dengan melakukan perbuatan yang bernilai ibadah sangatlah baik, semoga masyarakat kita yang merayakan pergantian tahun baru kali ini mengakhirinya dengan sholat gerhana. Selamat Tahun Baru 2010 sobat, kami sekeluarga berdoa semoga sobat sekeluarga selalu berada dilindungan Allah SWT dan tahun 2010 menjadi tahun yang lebih baik dari pada tahun 2009 ini.

Wasalam
Amink

49 thoughts on “Awali Tahun Baru 2010 dengan Sholat Gerhana

  1. Hari Mulya says:

    ..saat itu bayangan Bumi yang seharusnya sampai di permukaan Bulan akan terhalang sebagian atau seluruhnya sehingga permukaan Bulan terlihat gelap..

    seLamat tahun baru juga, Dab…

  2. TuSuda says:

    SELAMAT menyambut tahun baru dengan harapan baru dalam suasana dan semangat baru.
    SALAM Persahabatan selalu….
    TERIMAKASIH telah BErkenan BErbagi KAta BErsama

  3. jejak annas says:

    wafatnya Gus Dur, adalah moment tepat untuk merenung, betapapun banyaknya uang (apalagi hasil korupsi), betapapun tingginnya jabatan (apalagi hasil nyogok) tidak akan banyak bicara dan membantu saat ajal tiba. Dan pesta pora atau pemubadziran jutaan uang untuk perayaan malam tahun baru, tidak meberi keuntungan apapun kecuali menambah tanya “buat apa uang yang kamu dapatkan”???

  4. isil says:

    yups bener banget kang..
    kebetulan tahun baruan saya mabit di mesjid salman ITB dan disana mengadakan shalat gerhana..

    Dan itu adalah pengalaman pertama saya shalat gerhana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s