Menindak lanjuti Surat Plt. Dirjen Postel No. 306/BRTI/XII/2009 tertanggal 30 Desember 2009 tentang Program Promo Layanan Telekomunikasi, para operator seluler diseluruh Indonesia diminta untuk menghentikan program SMS gratis lintas operator sebab program ini dilarang keras oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) karena bisa mengganggu jaringan operator lain yang menerima SMS tersebut. Dalam surat itu, BRTI juga memberikan kesempatan bagi operator yang tergabung dalam Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk membuat kode etik penawaran SMS, khususnya masalah bahasa pemasaran yang dinilai menipu pelanggan dengan iming-iming kata gratis.

Anggota BRTI Heru Sutadi menjelaskan, larangan SMS gratis lintas operator ini sejatinya bukan kali ini saja dilayangkan. β€œKami sudah melarang sejak Desember 2008 lalu,” ujarnya kepada detikINET, Senin (4/12/2010). Meski larangan telah dilayangkan sejak setahun yang lalu, namun BRTI menilai masih banyak operator yang berkelit dari larangan ini. Saat ini operator yang dinilai masih menawarkan SMS gratis lintas operator adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Natrindo Telepon Seluler (Axis), dan Hutchison CP Telecom Indonesia (Tri/3).

Sebagai wujud kepatuhan dan pelaksanaan Surat Keputusan tersebut, PT Telkomsel Tbk mulai 6 Januari 2009 akan menghentikan program SMS (pesan singkat) ke sejumlah pelanggannya. “Sejalan dengan kebijakan BRTI yang ditujukan ke seluruh operator selular yang tertuang dalam Surat Plt. Dirjen Postel selaku Ketua BRTI No. 306/BRTI/XII/2009 tertanggal 30 Desember 2009 tentang Program Promo Layanan Telekomunikasi, di mana para penyelenggara telekomunikasi dilarang untuk menawarkan tarif nol dalam promosi dan memberikan bonus gratis untuk layanan SMS lintas penyelenggara telekomunikasi maka mulai 6 Januari 2010 Telkomsel menghentikan program SMS gratis antar operator,” tegas Direktur Telkomsel Sarwoto Atmosutarno.

Tapi jangan berkecil hati dulu, sebab sebagai pengganti hilangnya SMS gratis antar Operator, TELKOMSEL memberikan program SMS Gratis ke sesama Telkomsel.
Melalui program ini, setiap pembelian paket perdana Kartu As, pelanggan Telkomsel dapat menikmati 50 SMS gratis ke seluruh pelanggan Telkomsel (kartuHALO, simPATI, dan Kartu As). Program ini berlaku bagi pelanggan Kartu As yang berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah yang mengaktifkan kartu perdananya mulai 6 Januari 2010, serta pelanggan Kartu As di daerah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Lampung, Jabodetabek, Banten, Sukabumi, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur yang mengaktifkan kartu perdananya mulai 16 Desember 2009.

So, mau pilih operator yang mana? saya yakin kita semua punya pilihan yang pas dihati.

Salam