Akhirnya SMS Gratispun Akan Dihentikan

Menindak lanjuti Surat Plt. Dirjen Postel No. 306/BRTI/XII/2009 tertanggal 30 Desember 2009 tentang Program Promo Layanan Telekomunikasi, para operator seluler diseluruh Indonesia diminta untuk menghentikan program SMS gratis lintas operator sebab program ini dilarang keras oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) karena bisa mengganggu jaringan operator lain yang menerima SMS tersebut. Dalam surat itu, BRTI juga memberikan kesempatan bagi operator yang tergabung dalam Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk membuat kode etik penawaran SMS, khususnya masalah bahasa pemasaran yang dinilai menipu pelanggan dengan iming-iming kata gratis.

Anggota BRTI Heru Sutadi menjelaskan, larangan SMS gratis lintas operator ini sejatinya bukan kali ini saja dilayangkan. “Kami sudah melarang sejak Desember 2008 lalu,” ujarnya kepada detikINET, Senin (4/12/2010). Meski larangan telah dilayangkan sejak setahun yang lalu, namun BRTI menilai masih banyak operator yang berkelit dari larangan ini. Saat ini operator yang dinilai masih menawarkan SMS gratis lintas operator adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Natrindo Telepon Seluler (Axis), dan Hutchison CP Telecom Indonesia (Tri/3).

Sebagai wujud kepatuhan dan pelaksanaan Surat Keputusan tersebut, PT Telkomsel Tbk mulai 6 Januari 2009 akan menghentikan program SMS (pesan singkat) ke sejumlah pelanggannya. “Sejalan dengan kebijakan BRTI yang ditujukan ke seluruh operator selular yang tertuang dalam Surat Plt. Dirjen Postel selaku Ketua BRTI No. 306/BRTI/XII/2009 tertanggal 30 Desember 2009 tentang Program Promo Layanan Telekomunikasi, di mana para penyelenggara telekomunikasi dilarang untuk menawarkan tarif nol dalam promosi dan memberikan bonus gratis untuk layanan SMS lintas penyelenggara telekomunikasi maka mulai 6 Januari 2010 Telkomsel menghentikan program SMS gratis antar operator,” tegas Direktur Telkomsel Sarwoto Atmosutarno.

Tapi jangan berkecil hati dulu, sebab sebagai pengganti hilangnya SMS gratis antar Operator, TELKOMSEL memberikan program SMS Gratis ke sesama Telkomsel.
Melalui program ini, setiap pembelian paket perdana Kartu As, pelanggan Telkomsel dapat menikmati 50 SMS gratis ke seluruh pelanggan Telkomsel (kartuHALO, simPATI, dan Kartu As). Program ini berlaku bagi pelanggan Kartu As yang berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah yang mengaktifkan kartu perdananya mulai 6 Januari 2010, serta pelanggan Kartu As di daerah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Lampung, Jabodetabek, Banten, Sukabumi, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur yang mengaktifkan kartu perdananya mulai 16 Desember 2009.

So, mau pilih operator yang mana? saya yakin kita semua punya pilihan yang pas dihati.

Salam

55 thoughts on “Akhirnya SMS Gratispun Akan Dihentikan

  1. Valentine says:

    Pertamax… pertamax ngisi komen maksudnya, hehehe… dr kmrn2 mau ke blog mas Amink tp br skrng berkunjung, hehehe… bis na lg lumayan senggang, blogwalking mank btuh waktu, heheh..

    klo aku si terserah aja si, sms tu kan harganya gk mahal2 amat, heheh… klo masi harga wajar ya gk apa2🙂 hehehe

  2. mandor tempe says:

    saya tetep setia dengan nomer im3 saya yang sudah berumur 6 tahun ini. Dengan tidak ganti nomer, tidak mudah diiming-imingi tawaran-tawaran yang semain tidak fair itu

  3. Deka says:

    Dari dulu saya sudah jarang percaya dengan janji operator selular di Indonesia baik itu katanya sms gratis lah, telpon gratis lah, internet gratislah, dsbnya. so buat saya sendiri gak jadi masalah. Toh saya juga menggunakan banyak operator selular untuk komunikasi di hp.

  4. M Mursyid PW says:

    Terus terang nih, saya mah gak pernah mikirin gratis atw bayar. Kalau butuh sms ya sms saja, kalau butuh call ya call saja, pulsa abis kalau masih ada budget ya beli, kalau dompet lagi kosong ya gigit jari. Tapi alhamdulillah, belum ada cerita saya sampai berlarut2 telat ngisi pulsa.
    Salam silaturahim dari Pekalongan.

  5. tomi says:

    bukannya malah salah satu provider dapat penghargaan MURI sms termurah ke semua operator non-promo?? hihihih… saya pake itu juga soalnya,, gratis 100 sms ke semua operartor per hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s