Perguruan Tinggi Idaman itu adalah…..

Melanjutkan studi di Perguruan Tinggi bukan hanya sekedar impian setiap calon mahasiswa tapi juga merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi para orang tua, apalagi jika Perguruan Tinggi yang dipilih telah terbukti menciptakan alumni-alumni yang sukses dalam meniti karir. Saat ini begitu banyaknya Perguruan Tinggi baik Negeri atau Swata yang tersebar hampir diseluruh Indonesia, dengan ragam pilihan studi yang disuguhkan seorang calon mahasiswa dituntut untuk cermat dalam memilih kemana arah studi mereka.

Dari sekian banyak Perguruan Tinggi baik Negeri atau Swasta beberapa diantaranya ada yang menjadi Perguruan Tinggi Favorit dan Perguruan Tinggi Idaman bagi para calon mahasiswa. Pada sebuah Forum Online umumnya calon mahasiswa mendefinisikan arti sebuah Perguruan Tinggi Idaman sangat beragam, mulai dari kredibilitas para pengajar, status Terakreditasi dari Departement Pendidikan, biaya pendidikan hingga ke fasilitas-fasilitas pendidikan yang diberikan oleh perguruan tinggi tersebut.

Sebelum mendaftar ke sebuah perguruan tinggi langkah awal yang sangat bijaksana adalah mengajak kedua orang tua untuk berdikusi terutama yang berhubungan dengan biaya pendidikan karena pilihan untuk melanjutkan kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu seorang calon mahasiswa harus juga memikirkan dengan matang-matang kemana arah studi yang akan dia pilih, alangkah baiknya jika studi yang dipilih selaras dengan bakat, minat dan cita-cita. Mengumpulkan informasi yang akurat dengan memanfaatkan brosur atau media-media online seperti internet juga dapat membantu calon mahasiswa untuk menentukan perguruan tinggi idamannya. Saat ini beberapa perguruan tinggi sudah dapat diakses melalui internet yang salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia pada situs www.uii.ac.id

Berilmu Amaliyah, Beramal Ilmiyah adalah slogan yang diberikan oleh Universitas Islam Indonesia. Sebuah perguruan Tinggi yang mulai beroperasi sejak 28 July 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam kemudian berkembang hingga menjadi sebuah Perguruan tinggi dengan nama Universitas Islam Indonesia pada tanggal 03 November 1947 mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu keislaman dan mampu menerapkan nilai-nilai islami serta berdaya saing tinggi.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni yang berjiwa Islam
  3. Turut serta membangun masyarakat dan negara Republik Indonesia yang adil dan makmur serta mendapat ridho Allah SWT.
  4. Mendalami, mengembangkan, dan menyebarluaskan pemahaman ajaran agama Islam untuk dihayati dan diamalkan oleh warga UII dan masyarakat.

Dengan visi dan misi serta tujuan pendidikan yang diemban oleh UII diharapkan perguruan tinggi ini dapat menjadi sebuah pilihan yang menarik bagi para calon mahasiswa dan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Favorit di Indonesia

Sebuah perguruan tinggi hanyalah sebagai alat atau fasilitas bagi para mahasiswanya. Dimanapun mereka mengemban pendidikan hanya kesungguhan dan ketekunan dalam belajar merupakan kunci untuk menjadi seorang lulusan idaman, lulusan yang dapat menjadi kebanggaan untuk diri sendiri, orang tua juga yang akan membawa harum nama perguruan tinggi yang telah membantu membentuk pribadi-pribadi super serta berakhlak.

Tulisan ini dibuat dalam rangka Lomba Blog yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia. Semoga bermanfaat.

Salam
Aming

90 thoughts on “Perguruan Tinggi Idaman itu adalah…..

  1. Alwi says:

    Manstab kalau mo kuliah di UII Yogyakarta, Gedung dan sarananya sangat representatif apalagi Kampus terbarunya ada di jalan Kaliurang wuih uuuuuueenakkkk tenan …. suuueger ……….. and dingin …. kaya di Puncak …. cocok untuk suasana belajar, dulu waktu masih jadi mahasiswa sering kesana, salah satu Dosen yg pernah mengajar saya yaitu, Pak Machfud MD sekarang Ketua MK dengan Mata Kluiah Hukum Tata Negara, beliau salah satu guru besar di sana.

  2. KangBoed says:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  3. Nanang says:

    Lagi ikut kompetisi toh? ***makin hari perguruan tinggi makin tidak kejangkau buat yang ekonomi pas2an. Saya sendiri gak sempat menikmati bangku disana tapi saya berharap anak saya kelak bisa menikmatinya.

  4. sobatsehat says:

    saya dukung mas amink……………
    maaf lama tak berkunjung ada sedikit error di perangkat online saya. semoga segera selesai mas…………………thanks atas dukungannya mas

  5. bayuputra says:

    Sebuah perguruan tinggi hanyalah sebagai alat atau fasilitas bagi para mahasiswanya. Dimanapun mereka mengemban pendidikan hanya kesungguhan dan ketekunan dalam belajar merupakan kunci untuk menjadi seorang lulusan idaman

    SAYA setuju sekali dengan postingan yg ini…
    kalau tanpa kesadaran hati percuma kuliah nya di tempat yg bagus sekalipun kalau memang dari dasar orangnya yg tidak mau maju…
    ada lagi yg semangat kuliahnya tinggi tetapi karena keterbatasan biaya jadi kuliah di tempat biasa dan kurang sarana dan prasaranannya…(masalh juga).

  6. casrudi says:

    Lomba ya Mas… Semoga menang yaa…

    Saya dulu punya mimpi kuliah di universitas ternama, kampus lokal tapi reputasi internasional, sayangnya saya hanya mampu berkuliah di kampus swasta yang belum begitu ternama… Tapi alhamdulillah, kembali pada kitanya… Kuliah dimanapun yang penting mahasiswanya harus bener kuliah, jgn seperti saya yg baru lulus setelah 5 tahun…🙂

  7. KangBoed says:

    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s