Weekend minggu kemarin cuaca sangat tidak mendukung, mendung menyelimuti setiabudi sejak pagi hari, sepertinya kami akan menghabiskan waktu dengan berdiam dirumah saja. Bingung karena tidak ada aktifitas berarti akhirnya saya putuskan untuk mengutak-ngatik motor kesayangan yang hampir 4 tahun ini menemani aktifitas saya dan keluarga. Kali ini yang akan menjadi korban iseng-iseng Β adalah tangki motor.

Salah satu kelemahan diantara kelemahan yang lain dari honda tiger adalah tangki, bayangkan dalam 4 tahun saya sudah 2 kali mengganti tangki karena apa ?? BOCORR…. Penyebab bocornya tangki tidaklain disebabkan oleh masuknya air kedalam tangki kemudian mengendap dan mengakibatkan karat serta kropos pada tangki, LHO KOK BISA???? Beberapa rekan bikers dari milist HTML menyebutkan adanya uap air ketika kondisi bensin pada tangki mendekati kosong. Hhmmm…Begitu yah…

Ternyata menguras tangki motor tidaklah sulit dan alat yang disediakan cukuplah sederhana, kali ini saya hanya menyediakan :

  1. Selang kecil ukuran 1 meter
  2. Kunci Pas ukuran 10 & 12
  3. Obeng
  4. Tang
  5. Penampung Bensin, bisa derigen atau ember

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah melepaskan tangki dari rangka motor dengan melepaskan baut yang mengait antara Tangki dan rangka motor setelah itu cabut selang bensin yang menghubungkan tangki ke karburator.

Setelah tangki lepas selanjutnya menuang isi bensin yang ada didalam tangki ke suatu wadah, kali ini saya menggunakan derigen bekas.

Setelah dituang, selanjutnya adalah membuka pelampung tangki yang berada dibagian bawah tangki. Usahakan untuk menyisakan sedikit bensin didalam tangki ini berguna untuk menguras isi tangki.

Setelah pelampung bensin lepas, waktu nya mengurasss….. Berhubung bentuk tangki dari Honda Tiger terdapat bagian yang sulit untuk dijangkau, saya memanfaatkan sisa bensin didalam tangki untuk mengangkat sisa kotoran atau kerak yang ada didalam tangki dengan cara mengayunkan kekiri dan kekanan.


Dan hasilnya adalah

Letakkan tangki pada media datar yang dilapisi kain, disitu akan terlihat dengan jelas sisa kotoran dan air yang menyatu dengan bensin. Agar kotoran dan air tersebut keluar, masukkan selang kedalam lubang pelampung.

Lalu waktunya menyeedoootttt…..


Coba lihat hasilnya

Bila perlu lakukan berulang, semoga bermanfaat.

Salam

Amink