Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Berhati-hati didalam perjalanan memang sangat diperlukan apalagi jika jenis transportasi yang kita gunakan adalah angkutan umum. Sebuah kejadian yang cukup membuat saya dan istri hanya bisa mengelus dada didalam perjalanan pulang cilegon serang menimpa sepasang suami-istri yang hendak pulang kampung menuju Indramayu.

Bermula ketika angkot yang kami tumpangi berhenti untuk menaikan penumpang dibilangan Serdang kota Cilegon. Sebelum penumpang tersebut naik sayup-sayup saya mendengar penumpang itu berbicara dengan sang supir, “bang lima ribu bisa sampe serang ngga”, lalu sambil  mengangguk sang supir mengambil uang lima ribu tersebut.

Setelah duduk berhadapan, nampak dihadapan saya sosok lelaki yang berusia sekitar 40 tahunan dan sosok perempuan yang sedang menggendong anak kecil. Tak lama lelaki itu memulai pembicaraan :

Penumpang : Mas kalau kantor dinas sosial dimana yah? saya diajak muter2 sama  tukang ojek eh malah ditinggalin dipinggir jalan

Saya                : memangnya kenapa pak?

Penumpang : itu mas, saya kecopetan tadi dikapal ferry, sadarnya pas lagi mau bayar angkot dicilegon, kalau toko emas malem begini ada yang buka ngga yah mas? saya mau jual mas kawin 1.5 gram

saya                 : wah toko mas gini hari sih pasti sudah pada tutup pak

Penumpang  : kalau kantor polisi diserang mas tau ngga?

Saya                 : yang saya tau ada didekat pasar lama sebelum pertigaan

Penumpang   : kira2 polisi bisa bantu kami ngga yah mas sebab kami harus  pulang ke Indramayu, nenek anak kami meninggal dunia kemarin.

Saya                  : wah kalau itu saya tidak tau, tergantung dari kebijaksanaan polisi disana pak. memang bapak dari mana mau kemana? trus kenapa kok bisa kecopetan?

Penumpang    : saya dari Bratasena, lampung mas, kemarin dikasih kabar kalau ibu meninggal dunia, binggung ngga punya uang hp kamipun kami jual cuma laku 700 ribu. dikapal ferry kami tertidur, kami ngga sadar kalau uang kami sudah dicopet, pas mau bayar dicilegon tau-tau uang kami sudah ngga ada, minta tolong sama tukang ojek dicilegon, malah diajak muter2 nyari kantor polisi sudah gitu kami ditinggalin dipinggir jalan.

Ketika percakapan terjadi dalam hati tak berhentinya saya mencoba istigfar sebentar tangan kanan ini merogoh uang dan dompet dikantong. Bukan bermaksud untuk negatif thingking, tapi hal-hal seperti itu patut diwaspadai jika kita menaiki angkutan umum. sebab saya pribadi pernah mengalami kejadian raibnya HP dari kantong.

ketika hendak turun, istri saya menyelipkan sesuatu ke tangan si perempuan tersebut, lalu saya berpesan kepada sang supir untuk diturunkan dikantor polisi terdekat. “Bun tadi ngasih uang yah?”  Iya yah, kasihan kalau memang cerita mereka itu beneran, kebayang ngga kalau kejadian itu  menimpa kita.

Semoga alloh SWT memberikan perlindungan kepada keluarga  penumpang tersebut, walau bagaimanapun kewaspadaan dalam menempuh perjalan sangat diperlukan.semoga kejadian tersebut tidak menimpa kita semua.

Wasalam

34 thoughts on “Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

  1. Ipin says:

    Sungguh tega si pelakunya orang sedang kesusahan malah di copet…smoga saja di berikan pengganti yang lebih baikk..dan mendapatkan pahal atas kesabarannya.

  2. kank_ripay says:

    hem.. suatu pelajaran yang sangat berharga.. emangkudu hati2 dijalanan.. dulu aja saya hampi kena tiu dijalalan… saya sampai marah2 karena mereka maksa… ituloh.. ereka mau paksa saya beli burungdengan harga tinggi… pesan saya dari kejadian yang saya alami… berhati2 lah dalam kendaraan.. karena, dalam kendaran itu apa saja bisa terjdi.. hati2 juga dalam penipuan bermodus penjualan burung ya????

  3. cah ndeso says:

    kunjungan pagi hari di sela2 aktifitas rutin harian dari Lereng Muria.

    Gimana Mas? Copetnya dah ketangkep blum. Waahh… klo ketangkep, pengen juga nih ngikut gebukin👿

    • Alwi says:

      Terkadang menghadapi yg begitu jadi dilema … sering para penipu berpura2 kecopetan dll …. jadi kasihan kalau ada orang yg bener2 butuh pertolongan tapi karena sudah kadung tercipta opini seperti itu jadi org yg tadinya mau menolong kadang2 malah jadi curiga …. karena sudah banyak kejadian seperti itu.

  4. Roi Lukman Saputra says:

    Banyaknya modus penipuan di angkutan umum seringkali membuat kita ragu untuk menolong.
    Walaupun demikian, marilah kita tetap berpikir positif dan menolong mereka.
    Kalau mereka menipu, biar Tuhan sendiri yang mengganjar mereka. Tetapi bila mereka benar-benar kesusahan, bersyukurlah kita telah menjadi malaikat penolong bagi mereka.

  5. tary curhat lagi says:

    sudah jatuh ketimpa tangga, kejatuhan cat, dimarahin majikan, pasti nggak nmgenakin banget yah heheheh

  6. Pencari says:

    Sudah nasib kejadian begini seringkali terjadi, saya hanya berharap dia mereka sampai di tujuan dengan selamat dengan pertolongan siapapun yang ngasih duit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s