Memiliki seorang bayi merupakan sebuah anugrah yang terindah yang Alloh SWT berikan kepada sepasang suami istri didalam berrumah tangga, oleh karena itu sebagai orang tua sudah selayaknya lah untuk memberikan kasih sayang, perawatan dan serta menjaga titipan sang pencipta tersebut. Beragam cara dan upaya bagi orang tua didalam melindungi sang buah hati menurut kepercayaan dan keyakinan masing-masing, termasuk didalam urusan mahluk halus.

Mari kita jenguk sebuah festival yang dikenal dengan El Colacho Festival yang secara rutin diselenggarakan antara bulan mey dan juni setiap tahunnya sejak tahun 1620 di negara Spanyol dimana didalam festival ini melibatkan beberapa bayi yang berusia kurang dari 1 tahun yang ditempatkan pada sebuah matras untuk dilompati…

Secara umum Festival El Colacho sama seperti festival lainnya yang diselenggarakan di Spanyol, mulai dari jalan-jalan yang dihiasi warna-warni yang cerah juga beberapa bendera spanyol ikut menghiasi festival tersebut. Ketika kerumunan orang sudah berkumpul termasuk para orang tua dari para bayi-bayi yang akan dilompati lalu melompatlah beberapa orang dengan mengenakan pakaian El Colacho atau El Atabalero yang diyakini sebagai Iblis dan pengikutnya.

Tujuan akhir dari perayaan lompat bayi pada festival El Colacho adalah mengusir roh-roh jahat dimana ketika roh jahat tersebut memasuki kota, para iblis tidak mengganggu para bayi tersebut.