Gerakan 5-S

Gerakan 5-S sebenarnya sudah lama diterapkan di tempat saya bekerja, gerakan tersebut bukanlah gerakan separatis yang anti kepemimpinan ataupun gerakan anti pemerintahan, tetapi sebuah Gerakan dimana kerapihan didalam menata file atau tata letak alat tulis dimeja kerja kita agar terlihat rapi dan enak dipandang. 5-S sendiri memiliki arti dalam bahasa jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke sedangkan jika didefinisikan dalam bahasa indonesia lebih dikenal dengan 5-R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin.

Tempat kerja merupakan area vital. Oleh karena itu untuk menciptakan suasana tempat kerja yang nyaman sudah sepatutnya lah kita lakukan, namanya tempat kerja sudah otomatis untuk kerja dung, tapi pada kenyataannya terkadang tempat kerja menjadi tempat penampungan berbagai macam benda, seperti pekerjaan tertunda, barang pribadi, barang rusak bahkan barang titipan orang lain terkadang menumpuk ditempat kita. Untuk menghindari hal tersebut mindset yang harus diterapkan adalah “Singkirkan Barang-barang yang Tidak diperlukan dari Tempat Kerja” sebab barang2 yang tidak diperlukan dapat menjadi penghalang pekerjaan atau juga dapat menimbulkan resiko kecelakaan kerja. Waspadai juga tempat2 tersembunyi seperti dikolong meja, sudut2 ruangan, dibalik lemari atau diatas lemari dimana barang2 yang jarang dipakai kita manfaatkan sebagai tempat penyimpanan, putuskanlah status kegunaan barang tersebut, dipakai,disimpan atau dihancurkan??

Setelah meringkas tempat kita bekerja selanjutnya adalah membuat tempat tersebut menjadi Rapi/Seiton (bukan Seiton Nirrojiim lho…)😈
Hal tegas yang perlu ditanamkan adalah setiap barang yang berada ditempat kerja mempunyai tempat yang pasti, untuk menjadi rapi langkah-langkah yang perlu ditempuh adalah :
1. Mengelompokkan barang
2. Penyiapan Tempat
3. Tanda Batas
4. Tanda pengenal Barang
5. Membuat denah perletakan barang

Sabtu 10/4/2010 merupakan puncak dari kegiatan 5-S ditempat saya bekerja, beberapa karyawanpun terlibat dalam kegiatan tersebut, agenda hari itu adalah menyingkirkan file-file yang sudah tidak diperlukan dengan menata kembali dengan menyusunnya ke lemari file. Sedangkan file-file yang tidak terpakai kami masukkan kedalam kardus untuk seterusnya difile ke gudang kami di Merak.

Hhhmmm….rapih sudah, tinggal pegalnya yang belum hilang…

7 thoughts on “Gerakan 5-S

  1. Irawan says:

    kalau saya kerjanya di depan komputer… mejanya sih rapi terus… lha ga ada barangnya… yang jadi masalah isi komputernya… berantakan abis… kalau ada yang nyari file-file lama, saya sendiri lupa dimana nyimpennya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s