Perkenalkan, namanya adalah Mak Eros, seorang ibu yang berusia 58 tahun warga Kampung Tegal Kalapa, Desa Citeko, Kec Plered, Purwakarta yang hingga kini dikarunia 25 orang anak, bersama suaminya Asep Sumarna berusia 60 tahun yang hanya berprofesi sebagai seorang tukang becak, mereka menghidupi ke-25 orang anaknya dengan penuh rasa syukur dan kasih sayang atas anugrah yang telah diberikan alloh SWT kepadanya.

Memiliki 25 orang anak bukanlah membuat perekonomian Mak Eros membaik seperti pepatah lama “Banyak Anak Banyak Rejeki”, tapi justru membuat mak Eros harus membanting tulang untuk menghidupi mereka, dengan hanya berjualan makanan ringan seperti kolak pisang dan agar2 ia berkeliling kampung berusaha mencari rizeki walau hanya mendapatkan penghasilan sekitar Rp.10,000 / hari.

Sebuah bentuk pertanggung jawaban sebagai seorang ibu Mak Eros sudah sepatutnya dijadikan seorang kartini masa kini, sebab dari 25 orang anaknya tidak ada satupun yang diberikan kepada orang lain untuk diadopsi, subhanalloh… šŸ˜„ dengan ikhlas ia merawat titipan ilahi tersebut. Dari 25 anak yang dilahirkan, yang terus hidup hingga dewasa 18 anak. Yang lainnya meninggal pada usia anak balita antara dua dan lima tahun. Kemungkinannya gizi buruk karena makan hanya dengan kerupuk. Ketika ia berdagang, anak-anak bayinya dijaga oleh kakak-kakaknya atau anak-anaknya yang lebih tua. Saat bayi itu menangis, biasanya hanya diberi air teh manis atau air putih, yakni air tanah yang dimasak sendiri

Dalam memberikan nama untuk anak-anaknya, mak Eros memiliki makna tersendiri, seperti ketika anak yang ke-10 lahir ia memberikan nama Totos, dimana dalam bahasa sunda berarti Parantos (sudah), ada juga yang diberi nama Tosin yang berarti Entos Salusin (sudah 12) untuk anak yang ke-12, ada juga yang diberi nama Aat, maksudnya Saat (surut) agar berhenti beranak/melahirkan.

Mungkin jika dipikirkan sungguh luar biasa pengorbanan dan perjuangan Mak Eros, semoga perjuangan yang Mak Eros berikan didalam menghidupi keluarga dapat menjadi Inspirasi bagi masyarakat yang lain, khususnya saya pribadi, tetapi bukan untuk memiliki 25 orang anak lho…piss akh.. šŸ˜†

Sumber :noretz-area, metro TV-news