Antara Putih atau Bening

Siang tadi ketika saya sedang antri untuk memesan makan siang disebuah rumah makan, datang seorang bapak tua yang akan melayani pelanggannya. Setelah sang pelanggan duduk, bertanyalah sang bapak kepada pelanggannya :
Si bapak : Mau minum apa mas ?
Pelanggan : air putih saja pak
Si bapak : Air susu atau air santan kelapa pak? (sambil cengar-cengir)
Pelanggan : lho kok, air susu pak…
Si bapak : iya air, susu kan putih, air santan kelapa juga….
Pelanggan : kalau begitu air bening saja pak….
Si bapak : ya sudah….saya ngga salah kan mas,
Pelanggan : ngga kok pak…

Mendengar percapakan tersebut saya hanya bisa senyum2, kalau dipikir ada benarnya apa yang diucapkan oleh si bapak pelayan tadi, air yang diminta menurutnya adalah air putih bukan air bening, terkadang saya bingung juga ketika menjelaskan pada si kecil, Air putih atau air bening?? yang pasti secara aktual akan saya perjelas bahwa air yang kita minum bukan air putih, tapi adalah air bening, ini diluar konteks minuman yang lain lho…. atau ada pendapat lain??:mrgreen:

40 thoughts on “Antara Putih atau Bening

  1. Dewa Bantal says:

    Air Mineral… ahahaha…

    Orang Indo yang di US juga agak bermasalah sama hal serupa.

    “White Water” kata beberapa dari mereka, padahal bilang saja “Water” udah beres hahaha.

  2. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    eh salah kirain pertamax ga taunya 16 hehehe, salam kenal aja deh kang Amink, air putih kalau di balempesoang makassar malah dibilang tuak kang, kalau mau minum air bening nyebutnya air sumur
    Salam Takzim Batavusqu

  3. Alwi says:

    Berkunjung setelah seminggu absen ….

    Eamang begitulah yg terjadi di sekitar kita, banyak istilah atau bahasa yg sebenarnya kurang tepat tapi sudah kadung populer, dan tiap daerah kadang berbeda2 arti/maknanya walaupun kalimatnya sama. Tapi justru malah jadi ciri khas. Secara umum (berbadasarkan penggunaaan bahasa Indonesia) kalau dibilang/dikatakan air putih maksudnya yaaa air tawar atau belum dicampur dengan unsur2 lain, walaupun di daerah tertentu ada juga yg menyebut air bening. Malah sayuran seperti shoup atau sayuran yg gak pakai santan di daerah jawa tengah ada juga yang menyebut sayur bening atau jangan bening atau beningan padahal gak bening tuh sayurannya karena juga pakai bumbu2, rempah2 dll. Dan masih banyak istilah yg populer tapi salah kaprah …. masak nasi apa masak beras? Nggodog wedang …. dsb …..

  4. kios herbal says:

    itu merupakan hal sepele….
    tapi karena kebiasaan klo yang ditawarin air putih makayang diberikan oleh sipelayan tidak lain adalah air bening padahal warnanya itu sangatlah jelas berbeda….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s