Tanpa terasa pertengahan maret 2012 ini saya harus menyelesaikan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor, ini adalah ke 3 kalinya saya mengurus sendiri tanpa melalui calo.

Jika anda memiliki waktu yang cukup, alangkah baiknya jika anda mengurus sendiri masa berlaku STNK anda atau membayar pajak kendaraan anda tanpa melalui calo. Jika anda berdomisili didepok,tapos dan sekitarnya, berikut tata cara membayar pajak STNK di SAMSAT Depok.

Sebelum anda berangkat menuju SAMSAT Depok, pastikan anda membawa KTP pemilik kendaraan, STNK asli dan BPKB kendaraan anda. Setelah memasuki areal parkiran SAMSAT Depok, tempat pertama yang harus anda kunjungi adalah tempat foto copy yang berada di sebelah kiri atas, siapkan saja uang 5,000 rupiah, ktp asli, stnk asli dan bpkb. Serahkan ke petugas foto copy biarkan mereka yang mengatur settingan dokument yang diperlukan. Selesai foto copy anda akan menerima map berwarna hijau lumut.

Langkah selanjutnya setelah memfoto copy ktp, stnk dan bpkb, segera datangi gedung utama samsat depok. Hampiri petugas penjaga didepan pintu masuk kemudian pintalah selembaran isian yang wajib anda isi, setelah selesai mengisi formulir lalu serahkan kembali ke petugas di depan pintu masuk untuk di cek dan di berikan nomer antrian.

Setelah menerima nomer antrian langkah selanjutnya adalah menuju loket bernomer 4, pastikan KTP asli dan STNK ASLI ada didalam map sebab jika tidak perpanjangan STNK anda tidak akan diproses. Lalu tunggu hingga nama anda di panggil. Pada papan informasi yang ditempel dikaca jumlah waktu yang diperlukan untuk memperpanjang STNK adalah 80 menit atau 1 jam 2o menit.

Tepat jam 10.30 nama saya di panggil di loket kasir. Terhitung 1 jam 3o menit waktu yang dibutuhkan setelah penyerahan dokumen di loket 4 hingga ke loket pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, perlu waktu 30 menit lagi hingga penyerahan STNK.

Sebagai informasi, total biaya yang saya keluarkan untuk jenis kendaraan honda tiger tahun 2006 adalah :
1. Foto copy Rp. 5,000
2. Biaya PKB Rp. 290,500
3. Biaya SWDKLLJ Rp. 35,000
4. Aqua Rp. 3,000 😆

Nah, bagaimana? Masih mau pakai calo? Mending urus sendiri aja.